Hindari Klaim Hak Cipta Pada Youtube Anda

Contoh klaim hak cipta

Produksi konten YouTube sudah merupakan makanan sehari-hari. Konsumsi YouTube pun sudah jadi makanan sehari-hari. Dan uniknya, keluhan hak cipta adalah makanan YouTube sehari-hari.

Ini sejalan dengan respon positip DPD PGM Indonesia Kabupaten Sumedang mengadakan lomba video pembelajaran untuk konten YouTube channel PGM Sumedang. Tanpa diembel-embel persyaratan banyak like dan komen atau pembuat konten harus subscribe, tak diduga view-nya banyak.

Yang tak diduga, walaupun dimasukan dalam juknis perihal royalty dan copyright, masih ditemukan video yang terkena klaim hak cipta. Artinya video yang diupload ada yang berisi konten yang dilindungi hak cipta, sehingga video mendapatkan klaim Content ID. Klaim ini otomatis muncul, dari video yang diupload ada bagian yang cocok dengan video lain (atau bagian dari video lain) yang ada dalam sistem Content ID.

Sudah jelas Aturan pertama hak cipta bahwa:
Kreator hanya boleh mengupload video miliknya sendiri atau video orang lain yang izin penggunaannya mereka miliki. Hal itu berarti mereka tidak boleh mengupload video yang bukan karyanya, atau menggunakan konten berhak cipta milik orang lain, seperti trek musik, cuplikan program berhak cipta, atau video buatan pengguna lain, dalam videonya tanpa memperoleh izin yang diperlukan.

Di antara peserta yang diberitahu mendapat klaim, ada yang bertanya bagaimana mengetahui klaim. Jelas ini edisi menuju Madrasah Makin Cakap Digital.

Jika Anda yang mengalami dan punya channel sendiri, login ke YouTube Studio. Buka menu Konten. Pada kolom pembatasan arahkan kursor ke label Klaim hak cipta jika memang video mendapatkan klaim, lalu klik LIHAT DETAIL. Klik panah bawah untuk melihat detail klaim dan putar bagian yang diklaim Content ID. Kemudian PILIH TINDAKAN untuk menentukan sikap; pangkas segmen, ganti lagu, bisukan suara, sengketakan klaim.

Di Youtube Studio, kita bisa menemukan koleksi untuk membantu Kreator menggunakan kembali konten dengan aman. Jangan khawatir di situ disediakan musik dan efek suara gratis berkualitas tinggi

Adakah penggunaan wajar untuk materi yang dilindungi hak cipta? Kalaupun ada, Penggunaan Wajar pastinya ditentukan secara kasus per kasus, dan setiap negara akan memiliki aturan berbeda.

Ayo, utamakan mempertahankan prestasi dan perlu terus berinovasi. Cegah kembalinya badai banned yang pernah melanda youtuber dan blogger di Indonesia. Hindari klaim hak cipta pada YouTube Anda.

2 Komentar

Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama